Sabtu, 21 Desember 2013

Tugas PLC - 14 Desember 2013

KATA-KATA
ProfesionalBuruh
PersepsiAsumsi
Konteks – Kontent
Pria Laki-lakiWanita Perempuan
CintaSukaSayang


Mencari perbedaan dari kata-kata diatas:


1.        Perbedaan Profesional dan Buruh
·         Profesional
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian profesional adalah bersangkutan dengan profesi; memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya; mengharuskan adanya pembayaran untuk melakukannya (lawan amatir). Atau dapat diartikan sebagai orang yang bekerja dengan menggunakan keahliannya sendiri, bisa bekerja sendiri maupun mempekerjakan orang lain, dan mendapatkan bayaran dari orang lain yang memanfaatkan keahliannya. Contohnya pengacara, dokter, notaris, juru masak (koki), dan lain-lain.
·         Buruh
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian buruh adalah orang yang bekerja untuk orang lain dengan mendapat upah; pekerja. Dalam hal ini, jenis pekerjaan, besar kecilnya gaji/upah yang diperoleh, maupun tempat bekerja tidak menentukan seseorang dapat disebut sebagai buruh atau tidak. Asalkan orang itu bekerja pada orang lain dan mendapatkan upah dari pekerjaannya, maka orang itu bisa disebut buruh. Namun, anggapan masyarakat khusunya di Indonesia masih menganggap bahwa yang disebut buruh hanya pekerja-pekerja di suatu pabrik ataupun pekerja-pekerja kasar yang tidak punya keahlian.

2.        Perbedaan Persepsi dan Asumsi
·         Persepsi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), persepsi diartikan sebagai tanggapan (penerimaan) langsung dari sesuatu; serapan; proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui pancaindranya. Misalnya tanggapan masyarakat terhadap berita tentang kenaikan harga sembako yang terjadi di pasaran.
·         Asumsi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), asumsi mengandung pengertian sebagai dugaan yang diterima sebagai dasar; landasan berpikir karena dianggap benar. Misalnya masyarakat akan menduga bahwa jika harga BBM naik maka harga kebutuhan pokok juga ikut naik.

3.        Perbedan Konteks dan Konten
·         Konteks
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konteks berarti bagian suatu uraian atau kalimat yang dapat mendukung atau menambah kejelasan makna; situasi yang ada hubungannya dengan suatu kejadian. Maksudnya adalah kerangka-kerangka atau kalimat penjelas yang menyusun suatu uraian sehingga terbentuk penjelasan secara utuh sehingga maksud dari uraian tersebut dapat tersampaikan.
·         Konten
Konten merupakan isi dari suatu uraian. Maksudnya adalah gambaran umum dari suatu uraian atau penjelasan yang dapat mewakili seluruh isinya.

4.        Perbedaan Pria Laki-laki dan Wanita Perempuan
·         Pria
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pria adalah laki-laki dewasa. Dalam hal ini pengertian pria didasarkan pada kematangan secara fisik dan kematangan emosional dari seorang laki-laki atau bisa dikatakan sebagai laki-laki yang sudah akil baligh.
·         Laki-laki
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), laki-laki memiliki arti orang (manusia) yang mempunyai zakar, kalau dewasa mempunyai jakun dan adakalanya berkumis; jantan (untuk hewan); orang yg mempunyai keberanian; pemberani. Dalam hal ini pengertian laki-laki hanya didasarkan pada sifat-sifat fisik yang dimilikinya tanpa melihat kematangan emosionalnya melainkan hanya dari fisiknya saja. Sehingga baik muda (belum dewasa) maupun yang telah dewasa dapat disebut sebagai laki-laki.
·         Wanita
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wanita adalah perempuan dewasa. Sama halnya dengan pria, pengertian wanita juga didasarkan pada kematangan secara fisik dan kematangan emosional dari seorang perempuan atau bisa dikatakan sebagai perempuan yang sudah akil baligh.
·         Perempuan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), perempuan memiliki arti orang (manusia) yang mempunyai puki, dapat menstruasi, hamil, melahirkan anak, dan menyusui; wanita; istri; bini; betina (khusus untuk hewan). Dalam hal ini pengertian perempuan hanya didasarkan pada sifat-sifat fisik yang dimilikinya tanpa melihat kematangan emosionalnya melainkan hanya dari fisiknya saja. Sehingga baik muda (belum dewasa) maupun yang telah dewasa dapat disebut sebagai perempuan.

5.        Perbedaan Suka, Cinta, dan Sayang
·         Suka
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), suka berarti berkeadaan senang (girang); girang hati; senang; mau; sudi; rela; senang; gemar: menaruh simpati; setuju; menaruh kasih; kasih sayang; cinta; mudah sekali ; kerap kali. Dapat diartikan sebagai kondisi perasaan seseorang yang berada dalam keadaan senang, girang atau menaruh simpati terhadap sesuatu.
·         Cinta
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cinta berarti suka sekali; sayang benar; kasih sekali; terpikat (antara laki-laki dan perempuan); ingin sekali; berharap sekali; rindu; susah hati (khawatir); risau. Atau dapat didefinisikan sebagai perasaan mendalam terhadap sesuatu atau orang lain.
·         Sayang
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sayang merupakan kasih sayang (kepada); cinta (kepada); kasih (kepada); sayang akan (kepada); amat suka akan (kepada); mengasihi; mencintai; kekasih; jantung hatiku. Ini berarti sayang adalah perasaan seseorang (seperti cinta, kasih, sayang, dan lain-lain) yang ditujukan kepada sesuatu atau orang lain.
 

Membuat narasi dari kata-kata di atas:

      Banyak yang berASUMSI bahwa BURUH adalah orang yang bekerja dengan tenaganya (pekerjaan kasar) dan mendapatkan imbalan berupa uang, namun menurut PERSEPSI saya tenaga PROFESIONAL pun merupakan buruh apabila dia bekerja pada orang lain dan mendapatkan upah. Dalam KONTEKSnya bekerja merupakan tanggung jawab dari seorang LAKI-LAKI namun dalam kenyataan banyak dari kaum PEREMPUAN yang bekerja untuk menghidupi anak-anaknya atau bahkan keluarganya, itu karena dasar rasa CINTA dan SAYANG kepada anak dan keluarganya. Namun, ada juga WANITA yang rela bekerja keras karena didasari rasa SUKA pada pekerjaan itu, dan hampir tidak ada KONTEN yang berbeda antara pekerjaan PRIA dan pekerjaan wanita.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Me and My Live Dark Kitty template - Design By - P0L5K4H4CKR3W