Selasa, 29 Oktober 2013

Kampus Baru - STEM Akamigas Cepu

STEM (Sekolah Tinggi Energi Mineral) - Akamigas itu Perguruan Tinggi Kedinasan yang terletak di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Kecamatan Cepu sendiri adalah sebuah kecamatan yang berbatasan dengan Jawa Timur. Perguruan Tinggi Kedinasan  ini awalnya hanya menerima Mahasiswa dari Pertamina, PNS dari Pemerintah Daerah dan Beasiswa bagi siswa berprestasi. Namun di tanun 2013 dibuka Penerimaan dari Umum, perlu digarisbawahi, STEM-Akamigas Cepu ini satu-satunya Perguruan Tinggi dibawah naungan Kementrian ESDM.

Mahasiswa disini datang dari seluruh Indonesia, jadi berteman dengan orang dari berbagai latar belakang budaya itu menyenangkan sekali karena kita ga perlu pergi jauh keliling Indonesia buat mengenal budaya-budaya yang ada di Indonesia. Senior disini pun ramah ramah pula. Disini pun terdapat aturan yang aneh, Tiap Tahun Mahasiswa diwajibkan mengikuti OPSPEK.
Pembukaan OPSPEK dilakukan oleh Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo, di kampus Akamigas-STEM Cepu, pada hari Selasa 17 September 2013. OPSPEK ini dibina oleh Instruktur dari Kodim 0721 Blora. Peserta OPSPEK pun dibagi menjadi 2 pleton. Kami disini berjumlah 74 mahasiswa yang datang dari berbagai penjuru, 54 mahasiswa adalah mahasiswa umum beasiswa orang tua (alias biaya sendiri) dan 20 mahasiswa adalah mahasiswa umum beasiswa Pemda dari SKK Migas, 10 mahasiswa dari Pemda Bojonegoro dan 10 mahasiswa dari Pemda Blora.

 OPSPEK berlangsung dari 17 - 22 September 2013, banyak kegiatan yang dilakukan mulai dari kegiatan dalam ruangan seperti Pembinaan Mahasiswa dan Ekstrakulikuler, Tata tertib STEM-Akamigas dan Asrama, Ketatausahaan STEM-Akamigas, Bela Negara dan Terorisme, Tertib Lalu Lintas dan Bahaya Narkoba, Pengamanan, Poliklinik dan Perpustakaan, Bahaya HIV. Sedangkan kegiatan di luar seperti PBB, TUB, Pengenalan Kota Cepu, Pengenalan Lapangan Pekerjaan seperti Pusdiklat Migas, Humpuss, dan Pertamina Patra Niaga, serta bakti sosial pembersihan lingkungan di sekitar kampus, dan diakhiri dengan Outbound. 

Let's Cek this Out!!



















 

8 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. kakak bisa tanya tentang beasiswa di akamigas ?
    saya sedikit merasa keberatan dengan biaya yang sampai 27 juta tersebut

    BalasHapus
  3. kak katanya beasiswa penuh karena ikatan dinas kok ada uang persemester yang sampai 27 juta? apa ini beda sama bidikmisi? #mohon infonya kak (;

    BalasHapus
  4. kak ada beasiswa buat mahasiswa umum nggak ?

    BalasHapus
  5. Kak tau kisi kisi soal untuk ujian masuk stem apa aja kak? Mohon bantuan nya kak, saya mau ikut ujian masuk stem tahun ini

    BalasHapus
  6. Numpang promote
    Pengetahuan seputar stem yang baru kunjungi blog
    http://beredi.weebly.com

    BalasHapus
  7. kak, contoh soal untuk masuk stem akamigas?

    BalasHapus

 
Me and My Live Dark Kitty template - Design By - P0L5K4H4CKR3W